Selasa, 06 Juni 2017

uas pengantar ilmu komunikasi



Nama : khafidin
Nim : 1164020083
Jur/sem/kelas : komunikasi penyiaran islam/II/B
Tanggal : 7 juni 2017
Tugas :pengantar  ilmu komunikasi
1.   1.   Media Massa dan Blog termasuk dalam Komunikasi massa ?
Dalam pendapat seperti ini mengenai media massa dan blog itu bisa di katakan termasuk dalam komunikasi  massa dan tidak termasuk dalam komunikasi massa mengapa bisa seperti itu? Penjelasannya ialah sebagai berikut:
Penejelasan mengenai media massa dan blog termasuk komunikasi massa ialah menurut pendapat yang di kemukakan oleh Jhon.R.Bithner ialah” komunikasi massa ialah pesan yang disamapaikan melalui media massa pada sejumlah banyak orang “
Dan Menurut Lasswell unsurunsur dalam komunikasi massa adalah sebagai berikut :
  • Sumber atau Komunikator. Sumber utama dalam sebuah kegiatan komunikasi massa adalah lembaga atau badan organisasi atau orang yang bekerja dengan fasilitas lembaga atau organisasi. Pengertian sumber dalam penelitian ini ialah stasiun televisi 
  • Pesan atau message. Merupakan informasi dari yang akan ingin disalurkan atau dibagikan kepada massa yang dianggap memiliki tingkat kebutuhan pasar yang cukup kuat. Informasi atau pesan itu sendiri juga memiliki beragam karakter pesan untuk penyampaiannya, Wright (1977) memberikan karakteristik pesan dalam komunikasi massa sebagai berikut :
    Publicity. Pesan-pesan bersifat terbuka untuk umum atau publik;
    Rapid. Pesan dalam komunikasi massa dapat mencapai pemirsa yang luas dalam waktu yang singkat serta dilakukan secara terus-menerus;
    Transient. Pesan dalam komunikasi massa bersifat sementara dan bukan permanent; 
  • Saluran atau Channel. Unsur ini menyangkut semua peralatan mekanik yang digunakan untuk menyebarluaskan pesan-pesan komunikasi massa, bisa juga disebut sebagai media penunjang untuk menyampaikan pesan.dapat melalui mulut ke mulut atau dapat di bantu oleh peralatan elektronik 
  • Penerima atau receiver. Unsur ini berkaitan dengan sasaran atau target yang ingin dituju dalam komunikasi massa. Menurut Wright, penerima pesan dalam komunikasi massa memiliki karakteristik seperti :
    - Large (besar). Besarnya mass audience bersifat relatif, menyebar di berbagai lokasi, dan tidak saling berinteraksi satu sama lain secara langsung.
    - Heterogen (beraneka ragam). Sasaran komunikasi massa bersifat heterogen, yaitu sangat beragam dari berbagai lapisan masyarakat.
    - Anonim (tidak saling mengenal). Baik komunikator maupun komunikan dalam komunikasi massa tidak saling mengenal satu sama lain. 
  • Effect atau Akibat. Efek merupakan perubahan-perubahan yang terjadi didalam diri pemirsa sebagai akibat dari pesan-pesan media. Namun yang diberikan oleh media massa terkadang tidak pernah berorientasi pada kehendak pasar. Media hanya ingin memberikan sebuah informasi yang dianggap seolah-olah memang sebuah realitas. Ada dua jenis efek yang dapat timbul dalam diri pemirsa :
    - Efek Kognitif . Efek yang dapat mengubah nilai yang saat ini sudah ada dan telah terpelihara di dalam masyarakat.
    - Efek Afektif . Efek ini merupakan proses yang berhubungan dengan emosi dan perasaan seseorang, seperti ketakutan, kegelisahan. 
Dan sekarang mengapa media massa dan blog itu tidak termasuk dalam komunikasi massa dikarenakan  media massa dan blog sebagian tidak memenuhi karakteristik komunikasi massa dan secara tidak langsung dapat disimpulkan bahwa media massa dan blog itu bisa dinamakan komunikasi  massa atau tidak ditentukan sesuai sikon dan kondisi yang membuat tulisan atau kabar yang disampaikan
2.      2.Pengalaman yang unik saat berinteraksi dengan Mahasiswa yang beda Suku dan Budaya.
Penglaman ini sangat dirasakan ketika saya baru memasuk UIN SGD BANDUNG Karena saya sendiri  berasal dari daerah jawa karena itu banyak sekali pengalaman pengalaman yang unik saat dengan mahasiswa yang beda suku dan budaya seperti berikut :
kesalah pahaman saya ketika saya baru memasuki tanah sunda ini ialah dalam memahami kata kata “lumpat” dalam bahasa sunda lumpat sering di artikan lari dengan demikian ketika saya di suruh teman saya untuk cepat lari ia mengatakan “enggal lumpat”  dalam benak saya “ lumpat?” saya kira, saya di suruh loncat sama teman saya, dan saya pun melakukan hal itu seketika semua teman saya tertawa saya pun terheran, apa yang terjadi? Dan yang terjadi adalah itu kesalahan saya yang bertindak bodoh dan saya pun langsung menanyakan apa yang terjadi? “woi kenapa kalian ngetawain saya?” tanyaku, kamu ngapain tadi loncat kan saya suruh kamu lari!!!!! Anjritttt,kata saya ngapa kau nggak bilang dari tadi anying itu dia kebodohan ku
dan kesalahan selanjutnya ialah Salah budaya, menurut saya lumrah bagi saya yang baru datang dari beda daerah hingga itu pun membuat saya berfikir dan mempelajari kesalah pahaman saya ........
Kesalahan awal ialah ketika saya nongkrong bareng sama teman teman saya yang baru masuk kampus, saya di ajak ngopi sama teman saya pas siang bolong, cuaca panas, kan nggak masuk akal banget buat saya, kalo menurut akal sehat siang bolong, panas-panas, kan enak nya minum yang dingin-dingin biar seger, pas saya ngomong sama teman saya,”kalian pada mau ngopi siang-siang?” tanya ku, jawab teman ku”ia nih soal nya saya belom sempet ngopi nih, hayu atuh asal beli gorengan weh,”  “?????????” saya bingung kok ngopi beli gorengan? Tapi pemahaman saya pun salah ternyata ngopi menurut budaya sunda ialah “ngemil” dan kejadian tersebut membuat pengetahuan baru bagi saya

3.      Menceritakan/pendiskripsian diri sendiri supaya dapat dibaca dan dipahami kepribadian saya sendiri oleh orang lain.
Assalamu’alaikum Wr.Wb sebelumnya perkenalkan nama saya khafidin saya lahir pada tanggal 19 september 1999/19091999 bertepatan pada hari senin di tanah yang penuh ketentraman yaitu tanah jawa saya adalah orang yang bingung akan visi, potensi,bakat,keterampilan dan tujuan yang saya punya maka dari itu setiap saya ditanya oleh semua guru saya akan cita-cita dan tujuan kedepan saya, saya hanya bisa menjawab “saya belum bisa menemukan jawaban dari semua itu” ucapan itulah yang selalu keluar ketika pertanyaan tersebut dipertanyakan akan tetapi saya mempunyai kebiasaan dan prestasi yang saya sukai dan saya punya seperti menjadi musisi handal yang sholeh dan masih tetap di jalan tuhan Allah yang lurus dan bisa dibanggakan oleh orang tua dan negara saya, dan setiap saya melakukan pekerjaan yang menantang bagi saya, karena dengan itu saya bisa belajar dan belajar dari setiap kesalahan saya
4.      Pengalman unik saat berinteraksi dengan latar belakang budaya yang sama tetapi terjadi MissKomunikasi.
Saya sendiri datang ke kampus/universitas ini dengan teman-teman saya yang sama berasal dari tanah jawa sudah jelas bahwasannya kita memiliki latar budaya yang sama akan tetapi masih saja sering terjadi Miss Komunikasi seperti yang dibawah ini:
Paling mudah ialah berbicara kepada orang yang memiliki latar belakang bahasa dan budaya yang sama dengan kita akan tetapi ada juga nada berbicara orang tersebut berbeda dengan kita ketika  tanggapan atau fedback dari komunikan tersebut tidak sesuai dengan yang kita harapkan contoh nya ada cerita ketika saya berbicara teman saya mengenai  teman saya  yang mau menikah ada salah seorang teman saya yang mempunyai latar belakang bahasa dan budaya yang sama bertanya “wis raben durung koncomu” saya pun merasa bingung karena dalam bahasa dan kebiasaan saya “raben” diartikan dengan “bersenggama” , maka dari itu kesimpulan yang dapat saya tarik dari kesalahan saya bahwasannya persamaan latar belakang bahasa dan budaya tidak akan menjamin komunikasi yang baik dan benar melainkan akan terdapat beberapa kesalahan dengan gaya dan nada bahasa yang mereka gunakan.
5.   5. Endasmumet.blogspot.com

Selasa, 30 Mei 2017

miis komunikasi bahasa-budaya



Tugas ilmu komunikasi
Salah komunikasi budaya bahasa awal.
Bismillahirrahmanirrahim ..............
Assalamu’alaikum Wr.W.b
Puji syukur saya curahkan kepada Allah S.W.T yang telah memberikan kesehatan kepada saya sehingga saya bisa menyelesaikan tugas ini
Shalawat serta salam tidak luput juga saya ucapakan kepada baginda nabi muhammad SAW yang telah membawa umat nya dari zaman kebodohan hingga zaman yang kita rasakan saat ini
Tujuan saya menuliskan artikel ini semata mata yang pertama untuk menjalankan amanat dari dosen ilmu komunikasi dan yang kedua sekalian menceritakan kesalah pahaman atau salah komunikasi yang disebabkan oleh berbedanya budaya antar daerah, mulai dari segi bahasa maupun dari segi kebiasaan.
Sebelumnya saya perjelas kan mengapa bisa terjadinya kesalahan komunikasi ini, itu semua disebabkan karena saya sendiri berasal dari daerah orang jawa yang merantaukan diri ke tempat dimana orang orang disekeliling saya semua orang orang yang berbahasa dan berbudaya sunda.
SALAH BAHASA – BUDAYA?
Mengenai kesalahan dalam berkomunikasi pasti setiap orang memiliki cerita masing-masing sehingga kalo kita ingat-ingat kayak nya kejadian itu bisa dianggap lucu, coba deh kalian inget-inget lagi soalnya kalo buat saya sendiri sih banyak seklai kejadian-kejadian yang menurut saya itu sangat lucu dari mulai percakapan yang nggak nyambung, terus kebiasaan-kebiasaan yang menurut saya nggak biasa di lakukan atau di ucapkan dan masih banyak lagi.
Salah bahasa
Salah bahsa menurut saya yang paling umum untuk esmua orang khusus nya orang orang rantauan seperti saya yang berasal dari daerah jawa yang sekarang berada di daerah bandung atau yang berbudaya sunda
Banyak cerita kalo misalkan harus di ceritakan satu-persatu, jadi pada segment sekarang saya akan menceritakan beberapa kejadian-kejadian yang sulit difahami awal nya tetapi ketika sudah tau artinya itu  pasti kita akan terbilang bodoh hufftttt lieur euy.......
Pertama mengenai bahasa ketika saya baru beberapa bulan masuk di lingkungan orang orang sunda saya baru bisa memahami arti kata perkata sehingga saya tidak tau maksud dari kata tersebut  seperti contoh nya jamban kalo dalam bahasa jawa jamban di artikan sebagai tempat umum BAB jika di artikan dalam bahsa sunda jamban di artikan sebagai WC ketika itu ada seorang teman saya yang bernama budi ia berkata bahwasannya ia hendak pergi ke jamban ketika itu pula saya bingung apakah di bandung kota ini pun masih ada jamban saja? Seketika itupun saya ikuti man saya tersebut akan tetapi apa yang di pikirkan oleh saya itupun salah melainkan ia pergi ke WC
Kejadian selanjutnya dalam kesalah pahaman saya ketika saya baru memasuki tanah sunda ini ialah dalam memahami kata kata “lumpat” dalam bahasa sunda lumpat sering di artikan lari dengan demikian ketika saya di suruh teman saya untuk cepat lari ia mengatakan “enggal lumpat”  dalam benak saya “ lumpat?” saya kira, saya di suruh loncat sama teman saya, dan saya pun melakukan hal itu seketika semua teman saya tertawa saya pun terheran, apa yang terjadi? Dan yang terjadi adalah itu kesalahan saya yang bertindak bodoh dan saya pun langsung menanyakan apa yang terjadi? “woi kenapa kalian ngetawain saya?” tanyaku, kamu ngapain tadi loncat kan saya suruh kamu lari!!!!! Anjritttt,kata saya ngapa kau nggak bilang dari tadi anying itu dia kebodohan ku
    
Salah budaya
Salah budaya pun menurut saya lumrah bagi saya yang baru datang dari beda daerah hingga itu pun membuat saya berfikir dan mempelajari kesalah pahaman saya ........
Kesalahan awal ialah ketika saya nongkrong bareng sama teman teman saya yang baru masuk kampus, saya di ajak ngopi sama teman saya pas siang bolong, cuaca panas, kan nggak masuk akal banget buat saya, kalo menurut akal sehat siang bolong, panas-panas, kan enak nya minum yang dingin-dingin biar seger, pas saya ngomong sama teman saya,”kalian pada mau ngopi siang-siang?” tanya ku, jawab teman ku”ia nih soal nya saya belom sempet ngopi nih, hayu atuh asal beli gorengan weh,”  “?????????” saya bingung kok ngopi beli gorengan? Tapi pemahaman saya pun salah ternyata ngopi menurut budaya sunda ialah “ngemil” dan kejadian tersebut membuat pengetahuan baru bagi saya.       

mungkin cuma ini yang bisa saya ketik dan saya fikirkan mengenai tugas dari PIK kurang lebih nya saya minta maaf dan saya akhiri dengan ucapan terima kasih atas pengajarannya 

wassalamu'alaikum Wr.Wb

Senin, 27 Maret 2017

description of my self



 Assalamualaikum every body.......... 

ketikan jemari ini bukan hanya sekedar tulisan yang biasa nya dilihat, dibaca, dan difahami semua orang pada umum nya, tapi ketikan awal yang keluar dari otot-otot jemari ini hanya sekedar pendeskripsian diri gw mungkin ketika loe udah baca tulisan ini loe juga pasti udah ngebayangin diri gw, apa ganteng, anak baik baik, atau malah sebalik nya?, semua itu sih terserah loe mandang gw kaya gmna atau ngeliat gw dengan pandangan seperti apa,  karena menurut gw pandangan seseorang itu berbeda beda apalagi pandangan si dia,hehehehhe wkwkwk becanda kok gw ini cuma jomblo yang biasa aja gak kaya jomblo yang lainnya, emang dia ngaku sebagai jomblo tapi kata kata jomblo nya dia tambahin sendiri jadi JOMBLO BERKELAS kata dia sih yang jomlo itu mau nyari cewe yang terbaik yang bisa nemenin dia sehidup semati, prettttt...........dasar jomblo hmmmmmm....kapan gw mau nulis nya ya ngomongin jomblo mah susah banyak alesan, oke gw mulai..
bismillah............
gw adalah salah satu mahasiswa UIN {universitas islam negeri}, sunan gunung djati yang terletak di daerah cibiru-bandung jawa barat. gw salah satu dari mahasiswa jurusa komunikasi dan penyiaran islam dari fakultas dakwah dan komunikasi, sebelum nya gw minta maaf ya kalo ditulisan pertama ini gw nggak cuma ngenalin diri gw aja tapi sekalian curhat boleh ya....
gw bingung mengapa dalam kehidupan ini begitu banyak serial yang harus di tampilkan hingga akhir nya bukan hanya ada satu pemenang seperti telenovela atau serial bioskop bioskop yang banyak terpampang di mading nasional tapi kita dilahirkan, dan di ciptakan tuhan bukan untuk terpuruk dan meratapi nasib begitu saja melainkan harus melawan ujung tombak yang begitu tajam, ombak lautan yang begitu kencang, hempasan angin yang begitu dingin, dan panas nya api dan bara yang begitu menyengat itulah alasan mengapa tuhan menciptakan kita, untuk itu loe, gue hanya lah manusia biasa. bersyukur, respect, dan melawan arus kehidupan.
Oh iya, gue belum kenalin diri gue , ok guys nama gue khafidin, menurut gue tanggal lahir gue cukup unik dan cukup mudah untuk di hafal, barangkali aja ada yang mau ngado pas gue ultah, boleh wkwkwkwk.........., gue lahir pada tanggal 19/09/1999 cukup unik kan, gue adalah anak kedua setelah kakak gue yang nyebelin dan yang selalu bikin gue nangis pas kecil, cuma gara-gara rebutan remot TV sih ya gw fikir sih wajar kan anak sekecil gw dulu nangis pas usia tersebut, karena ya anak sekecil gw itu mau nya nonton spongebob, upin & ipin, kapten tsubasa dan lain sebagainya, emang sih pada umur gw yang masih anak-anak itu kakak gw lah orang yang paling gw benci karena dia cuma mau nonton kisah telenovela, sinetron yang bisa nya bikin baper nyokap dan bokap gw,

Gue  dialhirkan dari rahim seseorang yang menurut gue ia adalah pahlawan bagi nusa dan bangsa hahahaha... ia adalah ibu gue, dan super hiro gue yang paling semangat sih kalo di fikir fikir untuk mencari duit buat keluarga yaitu bapak gue, gw terlahir dari orang tua yang kurang begitu mampu yang bisa dibilang sederhana, bapak gw hanya seorang tukang becak, ibu gw hanya seorang penjual sayuran, tapi gw lebih senang hidup dengan apa adanya karena bagi gw kekayaan material itu tidak terlalu penting di bandingkan dengan kebahagiaan keluarga itu sendiri, jadi gw lebih senang dengan keadaan gw sekarang yang sederhana daripada kaya tapi nggak bahagia itulah prinsip gw, walaupun nanti gw mau ngebahagiain kedua orang tua gw, yang penting kita nggak lupa apa yang pernah kita rasakan dulu.
oke sekarang waktu nya buat gue ngejelasin spesifikasi yang lebih menditail lagi oke,
gw adalah mahasiswa baru berumur 17 tahun "sweet seventen" gw mepunyai badan tinggi 167cm berbadan sedang, tidak terlalu kurus dan tidak terlalu gemuk, gw mempunyai hidung yang pesek, karena mungkin keturunan dari orang tua, mempunyai kulit berwarna sawo matang atau bisa disebut warna kulit khas orang indonesia pada umum nya,
oke mungkin cuma ini yang bisa gw ketik karena inspirasi bukan datang setiap waktu tapi inspirasi lebih banyak muncul ketika kita sedang merasakan kenikmatan, santai, karena itu pada sesi pendeskripsian diri gw ini mungkin sudah cukup, oleh karena itu gw ngucapin yang pertama buat bapak dosen ilmu komunikasi yang udah nyuruh gw buat bikin blog kayak gini, mungkin kalo kagak di suruh sih kayak nya gw masih belom punya yang nama nya blog, dan yang kedua buat temen-temen gw yang selalu support gw dalam segala hal, rintangan dan dalam keadaan gw lagi nggak ada duit thanks ya.... oh iya dan juga yang terakhir buat yang udah baca blog ini, tolong di koreksi ya biar gw bisa belajar dari kekurangan gw supaya bisa menjadi orang yang lebih baik dan teliti lagi, ok fiks .......
mungkin cukup sekian dan terima kasih atas waktu nya dan akhir nya
wassalamu'alaikum. WR.WB.............................