Nama : khafidin
Nim : 1164020083
Jur/sem/kelas : komunikasi penyiaran islam/II/B
Tanggal : 7 juni 2017
Tugas :pengantar ilmu
komunikasi
1. 1.
Media
Massa dan Blog termasuk dalam Komunikasi massa ?
Dalam pendapat seperti ini mengenai media massa dan blog itu bisa
di katakan termasuk dalam komunikasi
massa dan tidak termasuk dalam komunikasi massa mengapa bisa seperti
itu? Penjelasannya ialah sebagai berikut:
Penejelasan mengenai media massa dan blog termasuk komunikasi massa
ialah menurut pendapat yang di kemukakan oleh Jhon.R.Bithner ialah” komunikasi
massa ialah pesan yang disamapaikan melalui media massa pada sejumlah banyak
orang “
Dan Menurut Lasswell unsur‐unsur dalam komunikasi massa adalah sebagai berikut :
- Sumber atau Komunikator. Sumber utama dalam sebuah kegiatan komunikasi massa adalah lembaga atau badan organisasi atau orang yang bekerja dengan fasilitas lembaga atau organisasi. Pengertian sumber dalam penelitian ini ialah stasiun televisi
- Pesan atau message. Merupakan informasi dari yang akan ingin disalurkan atau dibagikan
kepada massa yang dianggap memiliki tingkat kebutuhan pasar yang cukup
kuat. Informasi atau pesan itu sendiri juga memiliki beragam karakter
pesan untuk penyampaiannya, Wright (1977) memberikan karakteristik pesan
dalam komunikasi massa sebagai berikut :
- Publicity. Pesan-pesan bersifat terbuka untuk umum atau publik;
- Rapid. Pesan dalam komunikasi massa dapat mencapai pemirsa yang luas dalam waktu yang singkat serta dilakukan secara terus-menerus;
- Transient. Pesan dalam komunikasi massa bersifat sementara dan bukan permanent; - Saluran atau Channel. Unsur ini menyangkut semua peralatan mekanik yang digunakan untuk menyebarluaskan pesan-pesan komunikasi massa, bisa juga disebut sebagai media penunjang untuk menyampaikan pesan.dapat melalui mulut ke mulut atau dapat di bantu oleh peralatan elektronik
- Penerima atau receiver. Unsur ini berkaitan dengan sasaran atau target yang ingin dituju
dalam komunikasi massa. Menurut Wright, penerima pesan dalam komunikasi
massa memiliki karakteristik seperti :
- Large (besar). Besarnya mass audience bersifat relatif, menyebar di berbagai lokasi, dan tidak saling berinteraksi satu sama lain secara langsung.
- Heterogen (beraneka ragam). Sasaran komunikasi massa bersifat heterogen, yaitu sangat beragam dari berbagai lapisan masyarakat.
- Anonim (tidak saling mengenal). Baik komunikator maupun komunikan dalam komunikasi massa tidak saling mengenal satu sama lain. - Effect atau Akibat. Efek merupakan perubahan-perubahan yang terjadi didalam diri pemirsa
sebagai akibat dari pesan-pesan media. Namun yang diberikan oleh media
massa terkadang tidak pernah berorientasi pada kehendak pasar. Media hanya
ingin memberikan sebuah informasi yang dianggap seolah-olah memang sebuah
realitas. Ada dua jenis efek yang dapat timbul dalam diri pemirsa :
- Efek Kognitif . Efek yang dapat mengubah nilai yang saat ini sudah ada dan telah terpelihara di dalam masyarakat.
- Efek Afektif . Efek ini merupakan proses yang berhubungan dengan emosi dan perasaan seseorang, seperti ketakutan, kegelisahan.
Dan sekarang mengapa media massa dan blog itu tidak termasuk dalam
komunikasi massa dikarenakan media massa
dan blog sebagian tidak memenuhi karakteristik komunikasi massa dan secara
tidak langsung dapat disimpulkan bahwa media massa dan blog itu bisa dinamakan
komunikasi massa atau tidak ditentukan
sesuai sikon dan kondisi yang membuat tulisan atau kabar yang disampaikan
2.
2.Pengalaman
yang unik saat berinteraksi dengan Mahasiswa yang beda Suku dan Budaya.
Penglaman ini sangat dirasakan ketika saya baru memasuk UIN SGD
BANDUNG Karena saya sendiri berasal dari
daerah jawa karena itu banyak sekali pengalaman pengalaman yang unik saat
dengan mahasiswa yang beda suku dan budaya seperti berikut :
kesalah pahaman saya ketika saya baru memasuki tanah sunda ini
ialah dalam memahami kata kata “lumpat” dalam bahasa sunda lumpat
sering di artikan lari dengan demikian ketika saya di suruh teman saya
untuk cepat lari ia mengatakan “enggal lumpat” dalam benak saya “ lumpat?” saya kira, saya
di suruh loncat sama teman saya, dan saya pun melakukan hal itu seketika semua
teman saya tertawa saya pun terheran, apa yang terjadi? Dan yang terjadi adalah
itu kesalahan saya yang bertindak bodoh dan saya pun langsung menanyakan apa
yang terjadi? “woi kenapa kalian ngetawain saya?” tanyaku, kamu ngapain tadi
loncat kan saya suruh kamu lari!!!!! Anjritttt,kata saya ngapa kau nggak bilang
dari tadi anying itu dia kebodohan ku
dan kesalahan selanjutnya ialah Salah budaya, menurut
saya lumrah bagi saya yang baru datang dari beda daerah hingga itu pun membuat
saya berfikir dan mempelajari kesalah pahaman saya ........
Kesalahan awal ialah
ketika saya nongkrong bareng sama teman teman saya yang baru masuk kampus, saya
di ajak ngopi sama teman saya pas siang bolong, cuaca panas, kan nggak masuk
akal banget buat saya, kalo menurut akal sehat siang bolong, panas-panas, kan
enak nya minum yang dingin-dingin biar seger, pas saya ngomong sama teman
saya,”kalian pada mau ngopi siang-siang?” tanya ku, jawab teman ku”ia nih soal
nya saya belom sempet ngopi nih, hayu atuh asal beli gorengan weh,” “?????????” saya bingung kok ngopi beli
gorengan? Tapi pemahaman saya pun salah ternyata ngopi menurut budaya sunda
ialah “ngemil” dan kejadian tersebut membuat pengetahuan baru
bagi saya
3. Menceritakan/pendiskripsian diri sendiri supaya dapat dibaca dan
dipahami kepribadian saya sendiri oleh orang lain.
Assalamu’alaikum Wr.Wb sebelumnya perkenalkan nama saya khafidin
saya lahir pada tanggal 19 september 1999/19091999 bertepatan pada hari senin
di tanah yang penuh ketentraman yaitu tanah jawa saya adalah orang yang bingung
akan visi, potensi,bakat,keterampilan dan tujuan yang saya punya maka dari itu
setiap saya ditanya oleh semua guru saya akan cita-cita dan tujuan kedepan
saya, saya hanya bisa menjawab “saya belum bisa menemukan jawaban dari semua
itu” ucapan itulah yang selalu keluar ketika pertanyaan tersebut dipertanyakan
akan tetapi saya mempunyai kebiasaan dan prestasi yang saya sukai dan saya
punya seperti menjadi musisi handal yang sholeh dan masih tetap di jalan tuhan
Allah yang lurus dan bisa dibanggakan oleh orang tua dan negara saya, dan
setiap saya melakukan pekerjaan yang menantang bagi saya, karena dengan itu
saya bisa belajar dan belajar dari setiap kesalahan saya
4. Pengalman unik saat berinteraksi dengan latar belakang budaya yang
sama tetapi terjadi MissKomunikasi.
Saya sendiri datang ke kampus/universitas ini dengan teman-teman
saya yang sama berasal dari tanah jawa sudah jelas bahwasannya kita memiliki
latar budaya yang sama akan tetapi masih saja sering terjadi Miss Komunikasi
seperti yang dibawah ini:
Paling mudah ialah berbicara kepada orang yang memiliki latar belakang
bahasa dan budaya yang sama dengan kita akan tetapi ada juga nada berbicara
orang tersebut berbeda dengan kita ketika tanggapan atau fedback dari komunikan tersebut
tidak sesuai dengan yang kita harapkan contoh nya ada cerita ketika saya
berbicara teman saya mengenai teman saya
yang mau menikah ada salah seorang teman
saya yang mempunyai latar belakang bahasa dan budaya yang sama bertanya “wis
raben durung koncomu” saya pun merasa bingung karena dalam bahasa dan kebiasaan
saya “raben” diartikan dengan “bersenggama” , maka dari itu kesimpulan yang
dapat saya tarik dari kesalahan saya bahwasannya persamaan latar belakang
bahasa dan budaya tidak akan menjamin komunikasi yang baik dan benar melainkan
akan terdapat beberapa kesalahan dengan gaya dan nada bahasa yang mereka
gunakan.
5. 5. Endasmumet.blogspot.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar