Selasa, 06 Juni 2017

uas pengantar ilmu komunikasi



Nama : khafidin
Nim : 1164020083
Jur/sem/kelas : komunikasi penyiaran islam/II/B
Tanggal : 7 juni 2017
Tugas :pengantar  ilmu komunikasi
1.   1.   Media Massa dan Blog termasuk dalam Komunikasi massa ?
Dalam pendapat seperti ini mengenai media massa dan blog itu bisa di katakan termasuk dalam komunikasi  massa dan tidak termasuk dalam komunikasi massa mengapa bisa seperti itu? Penjelasannya ialah sebagai berikut:
Penejelasan mengenai media massa dan blog termasuk komunikasi massa ialah menurut pendapat yang di kemukakan oleh Jhon.R.Bithner ialah” komunikasi massa ialah pesan yang disamapaikan melalui media massa pada sejumlah banyak orang “
Dan Menurut Lasswell unsurunsur dalam komunikasi massa adalah sebagai berikut :
  • Sumber atau Komunikator. Sumber utama dalam sebuah kegiatan komunikasi massa adalah lembaga atau badan organisasi atau orang yang bekerja dengan fasilitas lembaga atau organisasi. Pengertian sumber dalam penelitian ini ialah stasiun televisi 
  • Pesan atau message. Merupakan informasi dari yang akan ingin disalurkan atau dibagikan kepada massa yang dianggap memiliki tingkat kebutuhan pasar yang cukup kuat. Informasi atau pesan itu sendiri juga memiliki beragam karakter pesan untuk penyampaiannya, Wright (1977) memberikan karakteristik pesan dalam komunikasi massa sebagai berikut :
    Publicity. Pesan-pesan bersifat terbuka untuk umum atau publik;
    Rapid. Pesan dalam komunikasi massa dapat mencapai pemirsa yang luas dalam waktu yang singkat serta dilakukan secara terus-menerus;
    Transient. Pesan dalam komunikasi massa bersifat sementara dan bukan permanent; 
  • Saluran atau Channel. Unsur ini menyangkut semua peralatan mekanik yang digunakan untuk menyebarluaskan pesan-pesan komunikasi massa, bisa juga disebut sebagai media penunjang untuk menyampaikan pesan.dapat melalui mulut ke mulut atau dapat di bantu oleh peralatan elektronik 
  • Penerima atau receiver. Unsur ini berkaitan dengan sasaran atau target yang ingin dituju dalam komunikasi massa. Menurut Wright, penerima pesan dalam komunikasi massa memiliki karakteristik seperti :
    - Large (besar). Besarnya mass audience bersifat relatif, menyebar di berbagai lokasi, dan tidak saling berinteraksi satu sama lain secara langsung.
    - Heterogen (beraneka ragam). Sasaran komunikasi massa bersifat heterogen, yaitu sangat beragam dari berbagai lapisan masyarakat.
    - Anonim (tidak saling mengenal). Baik komunikator maupun komunikan dalam komunikasi massa tidak saling mengenal satu sama lain. 
  • Effect atau Akibat. Efek merupakan perubahan-perubahan yang terjadi didalam diri pemirsa sebagai akibat dari pesan-pesan media. Namun yang diberikan oleh media massa terkadang tidak pernah berorientasi pada kehendak pasar. Media hanya ingin memberikan sebuah informasi yang dianggap seolah-olah memang sebuah realitas. Ada dua jenis efek yang dapat timbul dalam diri pemirsa :
    - Efek Kognitif . Efek yang dapat mengubah nilai yang saat ini sudah ada dan telah terpelihara di dalam masyarakat.
    - Efek Afektif . Efek ini merupakan proses yang berhubungan dengan emosi dan perasaan seseorang, seperti ketakutan, kegelisahan. 
Dan sekarang mengapa media massa dan blog itu tidak termasuk dalam komunikasi massa dikarenakan  media massa dan blog sebagian tidak memenuhi karakteristik komunikasi massa dan secara tidak langsung dapat disimpulkan bahwa media massa dan blog itu bisa dinamakan komunikasi  massa atau tidak ditentukan sesuai sikon dan kondisi yang membuat tulisan atau kabar yang disampaikan
2.      2.Pengalaman yang unik saat berinteraksi dengan Mahasiswa yang beda Suku dan Budaya.
Penglaman ini sangat dirasakan ketika saya baru memasuk UIN SGD BANDUNG Karena saya sendiri  berasal dari daerah jawa karena itu banyak sekali pengalaman pengalaman yang unik saat dengan mahasiswa yang beda suku dan budaya seperti berikut :
kesalah pahaman saya ketika saya baru memasuki tanah sunda ini ialah dalam memahami kata kata “lumpat” dalam bahasa sunda lumpat sering di artikan lari dengan demikian ketika saya di suruh teman saya untuk cepat lari ia mengatakan “enggal lumpat”  dalam benak saya “ lumpat?” saya kira, saya di suruh loncat sama teman saya, dan saya pun melakukan hal itu seketika semua teman saya tertawa saya pun terheran, apa yang terjadi? Dan yang terjadi adalah itu kesalahan saya yang bertindak bodoh dan saya pun langsung menanyakan apa yang terjadi? “woi kenapa kalian ngetawain saya?” tanyaku, kamu ngapain tadi loncat kan saya suruh kamu lari!!!!! Anjritttt,kata saya ngapa kau nggak bilang dari tadi anying itu dia kebodohan ku
dan kesalahan selanjutnya ialah Salah budaya, menurut saya lumrah bagi saya yang baru datang dari beda daerah hingga itu pun membuat saya berfikir dan mempelajari kesalah pahaman saya ........
Kesalahan awal ialah ketika saya nongkrong bareng sama teman teman saya yang baru masuk kampus, saya di ajak ngopi sama teman saya pas siang bolong, cuaca panas, kan nggak masuk akal banget buat saya, kalo menurut akal sehat siang bolong, panas-panas, kan enak nya minum yang dingin-dingin biar seger, pas saya ngomong sama teman saya,”kalian pada mau ngopi siang-siang?” tanya ku, jawab teman ku”ia nih soal nya saya belom sempet ngopi nih, hayu atuh asal beli gorengan weh,”  “?????????” saya bingung kok ngopi beli gorengan? Tapi pemahaman saya pun salah ternyata ngopi menurut budaya sunda ialah “ngemil” dan kejadian tersebut membuat pengetahuan baru bagi saya

3.      Menceritakan/pendiskripsian diri sendiri supaya dapat dibaca dan dipahami kepribadian saya sendiri oleh orang lain.
Assalamu’alaikum Wr.Wb sebelumnya perkenalkan nama saya khafidin saya lahir pada tanggal 19 september 1999/19091999 bertepatan pada hari senin di tanah yang penuh ketentraman yaitu tanah jawa saya adalah orang yang bingung akan visi, potensi,bakat,keterampilan dan tujuan yang saya punya maka dari itu setiap saya ditanya oleh semua guru saya akan cita-cita dan tujuan kedepan saya, saya hanya bisa menjawab “saya belum bisa menemukan jawaban dari semua itu” ucapan itulah yang selalu keluar ketika pertanyaan tersebut dipertanyakan akan tetapi saya mempunyai kebiasaan dan prestasi yang saya sukai dan saya punya seperti menjadi musisi handal yang sholeh dan masih tetap di jalan tuhan Allah yang lurus dan bisa dibanggakan oleh orang tua dan negara saya, dan setiap saya melakukan pekerjaan yang menantang bagi saya, karena dengan itu saya bisa belajar dan belajar dari setiap kesalahan saya
4.      Pengalman unik saat berinteraksi dengan latar belakang budaya yang sama tetapi terjadi MissKomunikasi.
Saya sendiri datang ke kampus/universitas ini dengan teman-teman saya yang sama berasal dari tanah jawa sudah jelas bahwasannya kita memiliki latar budaya yang sama akan tetapi masih saja sering terjadi Miss Komunikasi seperti yang dibawah ini:
Paling mudah ialah berbicara kepada orang yang memiliki latar belakang bahasa dan budaya yang sama dengan kita akan tetapi ada juga nada berbicara orang tersebut berbeda dengan kita ketika  tanggapan atau fedback dari komunikan tersebut tidak sesuai dengan yang kita harapkan contoh nya ada cerita ketika saya berbicara teman saya mengenai  teman saya  yang mau menikah ada salah seorang teman saya yang mempunyai latar belakang bahasa dan budaya yang sama bertanya “wis raben durung koncomu” saya pun merasa bingung karena dalam bahasa dan kebiasaan saya “raben” diartikan dengan “bersenggama” , maka dari itu kesimpulan yang dapat saya tarik dari kesalahan saya bahwasannya persamaan latar belakang bahasa dan budaya tidak akan menjamin komunikasi yang baik dan benar melainkan akan terdapat beberapa kesalahan dengan gaya dan nada bahasa yang mereka gunakan.
5.   5. Endasmumet.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar